Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, August 21, 2012

Yang Sering Bikin Orang Susah Fokus

Jakarta - Pikiran manusia bersifat fleskibel dan mudah dipengaruhi oleh banyak hal. Terkadang ketika melakukan sesuatu, otak memikirkan hal lain yang tidak berhubungan dengan kegiatan saat itu. Apabila ini terjadi, maka pikiran jadi sulit memperhatikan alias tidak fokus

Banyak hal yang membuat orang jadi kehilangan fokus perhatian, mulai dari masalah pribadi hingga pengaruh lingkungan. Sulit fokus akan membuat tugas-tugas jadi terbengkalai dan mengganggu produktifitas.

Seperti dirangkum detikHealth, Jumat (10/8/2012), beberapa masalah yang dapat membuat orang jadi tidak fokus adalah sebagai berikut:


1. Dimarahi Atasan atau Orangtua
Dimarahi memang tidak menyenangkan karena menyebabkan pikiran terganggu atas hal-hal negatif yang dialamatkan dan belum tentu benar adanya. Apalagi karena yang memarahi adalah atasan atau orangtua, maka sulit untuk dibantah dan menjadi beban pikiran.

Jangan biarkan pikiran jadi tidak fokus hanya karena dimarahi. Apabila dimarahi lantas jadi susah konsentrasi, maka akan membuat tugas terbengkalai dan terancam dimarahi lagi. Anggap saja orang yang memarahi sedang kesal dan fokuskan perhatian pada tugas dan aktifitas sendiri.

2. Bertengkar dengan Pasangan
Pasangan atau pacar adalah sumber semangat dan motivasi dalam beraktifitas, namun di sisi lain juga bisa menjadi malapetaka. Banyak orang jadi stres hanya karena bertengkar dengan pasangan atau karena masalah rumah tangga.

Pertengkaran memang bisa menyulut perpecahan dan berakhir dengan kisah sedih, tapi pertengkaran juga membuat pasangan saling terbuka sehingga lebih memahami. Kelolalah pertengkaran agar tidak berbuntut panjang dan pastikan komunikasi dengan pasangan berjalan lancar.

3. Anak atau Orang Kesayangan Jatuh Sakit
Melihat orang kesayangan seperti anak, orangtua, saudara atau pasangan jatuh sakit jelas membuat nelangsa. Banyak orang rela melakukan berbagai upaya agar orang yang disayangi bisa sembuh dari sakit dan kembali berkumpul bersama.

Rasa iba yang muncul dapat mengganggu pikiran dan menyebabkan susah fokus. Sebaiknya, upayakan kesembuhan bagi orang terkasih namun pastikan tetap fokus dengan tugas dan aktifitas sehari-hari. Jika tidak, maka akan berakibat buruk bagi diri sendiri.

4. Dikejar Hutang
Perekonomian saat ini sudah begitu maju dan orang bisa mendapat barang yang diinginkan lewat kredit. Menggunakan kartu kredit secara sembarangan bisa berakibat buruk sebab dapat menguras pendapatan dan membuat pemakainya jadi semakin boros.

Kredit atau hutang juga sering dilakukan untuk mendapat dana demi kelangsungan bisnis atau usaha. Ketika roda perekonomian berjalan tak sesuai harapan, maka risiko bangkrut harus dipersiapkan. Tak pelak, masalah ini juga dapat membuat resah dan membebani pikiran.

5. Bosan
Apabila melakukan rutinitas yang sama setiap hari tanpa variasi, pada akhirnya orang akan mengalami kebosanan. Rasa bosan yang muncul bisa membuat orang tak lagi tertarik dengan tugas dan aktifitasnya yang monoton. Akibatnya, si pembosan akan mudah lalai.

Kebosanan memang tak terhindarkan, namun bukan berarti tidak dapat diatasi. Usir rasa bosan dengan cara melakukan variasi kecil dalam aktifitas sehari-hari atau lakukan hal di luar kebiasaan. Ketika akhir pekan atau libur, manfaatkan sebaik-baiknya dengan refreshing

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan berkaitan dengan artikel yang anda baca di atas. . . >Terima Kasih Atas Perhatiannya. . . saya ucapkan terima kasih. . .dan selamat berkomentar. . .!!

Note :

Terima kasih telah membaca artikel blog saya , , , semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua. . . Dan jangan lupa mampir lagi ya. . !!