Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, August 21, 2012

Sejarah Hot Wheels

- Chevy Nova 1968
Replika mobil Hot Wheels yang sering ditemui di toko mainan, supermarket sampai mini market, bagaimana sejarahnya?

Perusahaan Mattel memproduksi Hot Wheels pada tahun 1967, awalnya model die-cast (teknik pengecoran logam) yang dikeluarkan adalah jenis mobil dan truk dengan skala 1:64 serta bertujuan untuk digunakan pada set permainan Hot Wheels. Pada tahun 1972, seri "Gran Toros" di skala 1:43 yang dibuat oleh Mebetoys di Milan, Italia, mulai diperkenalkan. Hingga saat ini, kendaraan model dengan tingkat detail yang tinggi untuk koleksi orang dewasa seperti replika kendaraan NASCAR dan mobil balap Formula 1 sudah menuai kesuksesan. Produk Hot Wheels tetap berkibar pada lini skala kecilnya yang sudah memiliki koleksi termasuk kendaraan 'hot rod' yang di custom dan juga jenis
'muscle cars'. Saat ini, lebih dari 10.000 model dari jenis yang beragam sudah diproduksi.

Produk Hot Wheels mendapatkan kewenangan dari pabrikan pembuat mobil seperti General Motors, Ford Motor Company dan Chrysler Motors, sementara Ferrari, Mazda dan Toyota memberikan ijin untuk membuat replika mobil produk mereka. Untuk membuat kendaraan versi Hot Wheels, pihak Mattel akan mempelajari cetak biru dari kendaraan asli. Seperti untuk mobil Chrysler 300, Team Hot Wheels dan Mattel mengunjungi Chrysler untuk mempelajari desain dan kendaraan asli, kemudian pabrikan mobil mengijinkan penggunaan cetak biru pada Team Hot Wheels dan Mattel untuk keperluan produksi model. Cetak biru kemudian dikembalikan setelah selesai di 'pinjam'.

Di pusat desain Hot Wheels milik Mattel, informasi dimensi dan ukuran dari cetak biru digunakan untuk membuat pola mobil pada skala 1/64. Contoh miniatur mobil kemudian diproduksi dengan bahan plastik dan dievaluasi. Setelah disetujui, contoh dari plastik ini kemudian digunakan untuk membuat model awal dari bahan logam yang kemudian dievaluasi sebelum disetujui dan produksi dimulai.



Untuk kendaraan kuno, seperti Chevy Nova tahun 1968, cetak biru dari General Motors, brosur juga digunakan oleh pembuat model. Seorang desainer dari perusahaan ini, Larry Wood menjadi kepala divisi Hot Wheels bergabung dengan Mattel sejak tahun 1969.

Pada tahun 1968, model Camaro Custom berwarna biru tua diproduksi. 11 dari 16 dasar cetakan yang dibuat, adalah atas desain Harry Bentley Bradley seorang tokoh dari industri permobilan. Uniknya, Bradley tidak pernah mendesain mobil yang benar-benar berfungsi kecuali mobil konsep bernama Dodge Deora. Replika Hot Wheels sebenarnya lebih mengarah pada mobil-mobil yang sudah diubah bentuknya dibanding dengan produksi Matchbox yang lebih mengarah ke mobil dengan kondisi sebenarnya.

Awalnya replika mobil Hot Wheels banyak dikoleksi oleh anak-anak, tapi 10 tahun belakangan ini, orang-orang dewasa juga mulai melakukan kegiatan tersebut. Sekitar 41 juta anak-anak tumbuh dengan mainan ini, para kolektor rata-rata memiliki 1.550 mobil, dan anak-anak berusia 5 sampai 15 tahun rata-rata memiliki 41 mobil. Umumnya percaya bahwa kegiatan mengkoleksi Hot Wheels dimulai saat seri Tresure Hunts diperkenalkan pada tahun 1995. Seorang kolektor bernama Mike Strauss kemudian di berikan gelar Bapak Kolektor Hot Wheels, ia mengatur 2 kegiatan kolektor per tahun yang dimulai sejak tahun 1986. Kegiatan pertama bernama Annual Hot Wheels Collectors Convention, kegiatan ini berlangsung di tempat yang berbeda sampai tahun 2001, dimana untuk pertama kalinya kegiatan tingkat nasional yang disebut Annual Hot Wheels Collectors Nationals diselenggarakan. Sejak saat itu, kegiatan tetap diselenggarakan tiap tahun di bagian Selatan California. Strauss juga menerbitkan Newsletter Hot Wheels per tiga bulan sejak 1986 dan merupakan orang pertama yang berhasil menyatukan para kolektor dari seluruh dunia. Ia juga menulis buku Tomart's Guide to Hot Wheels, sebuah buku yang dilengkapi dengan daftar sejarah, deskripsi mobil dan nilai, yang digunakan oleh hampir semua kolektor untuk mempelajari lebih banyak tentang hobi dan koleksi mereka.

Pada tahun 2001, Mattel meluncurkan website HotWheelsCollectors.com setelah melihat peran para kolektor untuk penjualan mereka. Hal ini bertujuan untuk menyatukan para kolektor dan memberikan kesempatan untuk memiliki mobil-mobil edisi terbatas, memberikan informasi tentang produk yang akan diluncurkan serta kegiatan yang akan dilakukan. Saat ini, ratusan bahkan ribuan web pages yang didedikasikan untuk koleksi Hot Wheels. Banyak orang melakukannya karena Hot Wheels termasuk hobi yang 'murah' dibandingkan dengan melakukan koleksi koin, perangko maupun boneka Barbie. Harga sebuah mobil Hot Wheels pada umumnya tidak terlalu banyak berubah setelah 40 tahun, setelah sebuah model tidak ditemukan di pasaran, harga bisa menjadi lebih murah atau bahkan menjadi jauh lebih tinggi. Tercatat nilai tertinggi yang pernah dibayar untuk sebuah mobil Hot Wheels adalah USD 72.000 pada tahun 2000 untuk sebuah Volkswagen Beach Bomb, sebuah mobil microbus VS dengan sepasang papan selancar yang muncul di jendela belakang. Versi ini adalah sebuah prototype yang hanya dibuat 25 buah.

- Volkswagen Beach Comb.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan berkaitan dengan artikel yang anda baca di atas. . . >Terima Kasih Atas Perhatiannya. . . saya ucapkan terima kasih. . .dan selamat berkomentar. . .!!

Note :

Terima kasih telah membaca artikel blog saya , , , semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua. . . Dan jangan lupa mampir lagi ya. . !!