Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Tuesday, August 21, 2012

Kegiatan Sehari-hari yang Bikin Orang Susah Ramping

Jakarta - Kegemukan sepertinya sudah menjadi permasalahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Pola makan dan gaya hidup modern ditengarai membuat orang makin susah menurunkan berat badan.

"Pola hidup modern membuat orang kurang bergerak dan beraktivitas. Misalnya, orang Jakarta. Rumahnya di tepi tapi kerja di pusat kota, akhirnya tidak sarapan dan beli camilan. Siang makannya nasi Padang, kurang olahraga. Malam sambil nunggu macet makan dulu di restoran yang kalorinya tinggi," jelas Dr Pauline Endang, SpGK, Spesialis Gizi Klinik dari FKUI, saat berbincang dengan detikHealth, Rabu (15/8/2012).

Secara detail Dr Pauline menjelaskan ada beberapa kegiatan sehari-hari yang membuat orang susah menurunkan berat badan, antara lain:


1. Tidak sarapan
"Kalau tidak sarapan, akhirnya untuk menahan lapar beli camilan seperti gorengan yang kalorinya tinggi dan tidak sehat. Camilan seperti kue-kue tinggi gula dan tepung, kalorinya tinggi tapi tidak bikin kenyang. Akhirnya tidak sadar makan banyak," jelas Dr Pauline.

2. Kebanyakan duduk
Ketika seseorang duduk, maka metabolismenya akan melambat. Hal tersebut disebabkan oleh enzim yang disebut lipoprotein lipase, yang berada di dalam pembuluh darah dari otot.

Ketika seseorang berdiri, maka otot-otot postural yang menopang berat badan, terutama otot pada kaki akan melepaskan enzim tersebut yang bekerja membakar lemak. Tetapi ketika sedang duduk diam, dan tidak bergerak setiap 30-90 detik, maka lemak akan tetap berada di arteri. Kemudian lemak tersebut dapat disimpan dalam jaringan adiposa atau jaringan lemak tubuh.

3. Menonton TV sambil makan
Banyak orang yang menikmati makan malam sambil menonton televisi. Kebiasaan ini tanpa disadari sudah menumpuk lemak dan menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan.

4. Kemana-mana naik mobil
Bagi orang yang hidup di kota besar, kegiatan berjalan kaki mungkin sudah jarang dilakukan karena fasilitas kendaraan banyak tersedia, terlebih untuk orang yang memiliki kendaraan pribadi.

Padahal fakta telah menunjukkan jalan kaki dengan kecepatan sedang merupakan salah satu latihan aerobik yang bisa membakar lemak dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.

5. Makan dalam porsi besar
"Bila ingin menurunkan berat badan, maka makanlah kalori yang sesuai dengan berat badan ideal. Jangan berlebihan karena nanti menumpuk jadi lemak," jelas Dr Pauline.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan berkaitan dengan artikel yang anda baca di atas. . . >Terima Kasih Atas Perhatiannya. . . saya ucapkan terima kasih. . .dan selamat berkomentar. . .!!

Note :

Terima kasih telah membaca artikel blog saya , , , semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua. . . Dan jangan lupa mampir lagi ya. . !!