Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Monday, August 20, 2012

Habis Makan Makanan Bersantan Jadinya Susah BAB. . ??

Jakarta, Hidangan yang tersaji selama libur lebaran tidak pernah jauh dari yang namanya kue, opor dan gulai. Jika tidak ingin sembelit atau susah Buang Air Besar (BAB), batasi konsumsi makanan manis, bersantan atau banyak mengandung lemak.

Berbagai hidangan yang rasanya manis seperti kue lebaran, permen dan cemilan lainnya banyak mengandung gula dan sangat sedikit kandungan seratnya. Padahal jika tubuh kekurangan serat, maka dampak yang paling mudah dirasakan adalah gangguan pencernaan.


Demikian juga lemak-lemak yang ada dalam santan maupun bahan makanan khas lebaran lainnya. Makanan yang banyak mengandung lemak, umumnya juga tidak memiliki kandungan serat yang cukup sehingga menghambat proses defekasi atau pengeluaran sisa-sisa hasil metabolisme.

Namun pemicu sembelit saat libur lebaran tidak melulu makanan manis dan bersantan, ada juga berbagai sebab lain seperti dikutip dari Livestrong, Selasa (21/8/2012) berikut ini.

1. Daging merah
Hidangan yang kaya protein seperti dagung kambing atau daging kambing umumnya tidak memiliki kandungan serat yang cukup untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Imbangi konsumsi daging dengan salad, atau makan buah dan sayuran secara terpisah.

2. Susu dan produk berbahan susu
Es krim, keju dan juga susu sendiri umumnya kaya akan protein meski kandungan seratnya sangat minimal untuk menjaga fungsi dan kesehatan sistem pencernaan. Yogurt bsia dianggap perkecualian, sebab kandungan probiotiknya justru bisa melancarkan BAB.

3. Kafein
Selain karena kurang serat, sembelit juga bisa dipicu oleh kurang minum atau kurang cairan. Kopi, soda dan minuman lain yang mengandung kafein memiliki efek diuretik atau peluruh kencing sehingga cairan tubuh berkurang dan akhirnya bisa memicu sembelit.

4. Stres dan kelelahan
Faktor selain makanan yang tidak boleh diabaikan adalah stres dan kelelahan, karena terbukti sangat mempengaruhi sistem pencernaan. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk mengembalikan fungsi defekasi yang normal setelah melakukan perjalanan jauh selama mudik.

No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik dan berkaitan dengan artikel yang anda baca di atas. . . >Terima Kasih Atas Perhatiannya. . . saya ucapkan terima kasih. . .dan selamat berkomentar. . .!!

Note :

Terima kasih telah membaca artikel blog saya , , , semoga artikelnya bermanfaat untuk anda semua. . . Dan jangan lupa mampir lagi ya. . !!